Search
  • devinovianti

Money is not a problem but you are ! (Uang bukanlah masalah, tapi masalahnya ada pada Anda!)


Pagi ini saya menemukan video dari Tony Robbins yang judulnya The Ultimate Resource To Change Your Life (atau Sumber Daya Untuk Mengubah Hidup Anda). Pada video tersebut, Tony menanyakan siapa yang pernah merasakan kegagalan dan apa alasan kegagalan tersebut. Para peserta lalu menjawab alasan kegagalan mereka, ini dikarenakan tidak ada cukup uang, tidak punya kontak, dsb. Tony Robbins bilang ini Anda menyalahkan ketidak adaan resources (sumber daya) dan menurut Tony Robbins, ini bukanlah permasalahan, yang menjadi masalah adalah kreativitas, integrity seseorang dalam mencari resources tersebut.

Ini mengingatkan saya atas buku yang ditulis oleh Gary Douglas, pendiri Access Consciousness; "Money is not a problem but you are". Didalam buku tersebut, Gary menyatakan bahwa uang bukanlah penyelesaian masalah Anda tetapi kreativitas dan pilihan Anda yang menyelesaikan masalah Anda. Misalkan Anda mempunyai hutang, dengan kreativitas dan piilihan Anda, Anda dapat melakukan sesuatu yang menghasilkan uang untuk membayar hutang. Atau Anda juga dapat menemukan orang yang dengan senang hati melunasi hutang Anda; atau Anda dapat berbicara kepada orang yang Anda hutangi untuk menghapuskan hutang Anda. Pastilah Anda akan mengatakan ini tidak mungkin. Tapi bagaimana kalau semuanya mungkin, tetapi kita saja tidak tahu caranya?

Waktu saya bekerja dikantor yang lama, salah satu kolega saya senang memberli perhiasan. Kalau ditanya kapan akan pergi liburan dsb, dia akan selalu bilang tidak punya uang, tetapi dia selaly memakai perhiasan baru. Apakah Anda pernah bertemu orang seperti itu? Orang yang merasa tidak punya uang tetapi bisa liburan terus, memakai perhiasan baru dsb.

Bagaimana jika keinginan dia untuk mendapatkan perhiasan baru atau melakukan perjalanan yang memicu keinginan orang tersebut sehingga secara sadar atau tidak sadar orang tersebut berusaha untuk mendapatkan uang yang diperlukan untuk membiayai apa yang dikehendaki?

Bagaimana kalau kita semua tidak beroprasi berdasarkan "conclusion" yang belum apa -apa menyimpulkan bahwa saya tidak bisa melakukan............. (silahkan isi sendiri), karena tidak ada uang. Bagaimana kalau kita bertanya "Apa yang harus saya lakukan sehingga saya bisa mendapatkan uang untuk ikut kelas atau berjalan-jalan atau berobat kerumah sakit atau membayar biaya sekolah atau membayar perbaikan rumah dsb?

Seperti yang Tony Robbins katakan, Gary juga berpendapat bahwa segala sesuatu upaya yang kita lakukan, tetapi tidak membuahkan hasil, ini dikarenakan kita tidak berkomitmen penuh dalam melakukan upaya kita.

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana kehidupan kita akan terbentuk kalau kita berkomitment penuh terhadap kehidupan kita yang berbahagia, berkecukupan dan berkontstribusi kepada lingkungan, sesuai dengan mimpi kita, dibandingkan dengan pendekatan hidup yang .."lihat nanti saja ya?"

Ingat, Money is not a problem but you are :)


18 views