Search
  • devinovianti

Apakah Anda Aktif Dalam Menciptakan Kehidupan Anda?


Beberapa malam yang lalu, saya bersama beberapa teman bermain permainanan seperti monopoly yang diciptakan oleh Robert Kayasaki, penulis buku RIch Dad, Poor Dad. Dalam permainan itu saya belajar beberapa hal, misalkan dalam investasi saya bukannya orang yang agresif. Dalam permainan itu saya juga melihat orang yang gajinya kecil berpotensi untuk memjadi lebih maju dengan investasi yang tepat. Tetapi permainan ini membuat saya "contracted" atau stress karena saya merasa bahwa saya tidak punya kebebasan dalam bertindak. Ini dikarenakan seperti halnya dalam permainan monopoly, kita hanya bisa berinvestasi kalau dadu kita jatuh dikotak yang mana ita diberi pilihan untuk berinvestasi.

Pada saat inilah saya merasa bahwa beginilah kalau kita membiarkan hidup terjadi pada kita. Kalau kita melihat apa yang terjadi pada kita adalah nasib dan dimana kita tidak punya kebebasan untuk memilih. Padahal sebenarnya dalam kehidupan ini kita mempunyai kebebasan dalam bertindak, cuma banyak sekali kepercayaan yang dalam kepala kita yang membatasi tindakan kita sendiri. Contohnya :

- Jangan berbisnis ah...saya tidak bakat berbisnis

- Saya ini enggak punya luck

- Mau usaha tapi enggak ada modal

- Saya ini kuliah aja enggak kelar, mana bisa jadi pengusaha berhasil

- Saya khan cuma perempuan, mana bisa jadi CEO

- dsb,

Dalam Access Concsiousness, ini yang disebut hidup dengan kesimpulan. Karena belum apa-apa sudah mengambil kesimpulan sendiri. Sikap ini menciptakan keterbatasan dalam kehidupan.

Bagaimana jika sekarang Anda merubah pendekatan hidup, mengganti kesimpulan dengan pertanyaan?

- Saya merasa tidak punya bakat berbisnis, bagaimana caranya agar saya bisa cakap dalam berbisnis? Atau bagaimana supaya saya bisa mendapatkan partner bisnis yang pintar?

- Bagaimana saya bisa meningkatkan kesempatan saya dalam ...(mencari jodoh, mendapatkan mitra usaha..dsb)

- Bagaimana saya bisa berusaha dengan modal sebesar ini atau bagaimana saya bsa mendapatkan modal yang saya perlukan?

Dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendri dan kepada Tuhan YME, maka niscaya Anda akan mendapatkan inspirasi untuk mencapai tujuan Anda.

Sama halnya dikehidupan sosial. Banyak kejadian diantara kita yang menunggu diajak teman untuk melakukan perjalanan, atau untuk mencoba sesuatu atau menonton konser msalnya. Dulu saya juga begitu. Mau nonton konser atau melakukan sesuatu, saya musti tunggu diajak teman. Tetapi sekarang pendekatan saya berbeda, Saya tidak menunggu teman, tetapi saya putuskan apa yang saya lakukan, lalu saya cari teman. Kalaupun tidak ada teman, terkadang saya lakukan saja sendiri. Ibaratnya "dating" dengan diri sendiri.

Jadi dalam kolom ini, saya ingin bertanya :

Apakah Anda tahu apa yang ingin Anda ciptakan dalam kehidupan ini ?

Apakah Anda secara aktif menciptakan kehidupan Anda atau Anda membiarkan hidup Anda terjadi kepada Anda seperti permainan monopoly?

Apakah Anda meninggu untuk orang lain membentuk dan mencitpakan hidup Anda?

Bagaimana jika Anda memulai hari Anda dengan bertanya apa yang Anda dapat lakukan dan bagaimana Anda harus bersikap untuk mendapatkan kehidupan yang Anda inginkan?

Salam,

Devi

ps. Susanna Mittermaier, pengarang buku Pragmatic Psychology akan mengajar di Hong Kong pada tanggal 26-28 May 2017.


29 views