Search
  • devinovianti

Bikin Resolusi Tahun Baru? Efektif Enggak Sih?



Banyak orang yang gembira dengan datangnya tahun baru. Ini berarti ada pesta, liburan, Natalan, dsb. Sebagian orang juga memakai masa-masa ini untuk melihat kebelakang, untuk meninjau kembali apa yang sudah tercapai dan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang dengan menciptakan resolusi/cita-cita di tahun baru. Tapi mungkin banyak yang bertanya, berapa banyak orang yang menciptakan resolusi ini dapat mencapai tujuannya? Jadi apakah membuat resolusi adalah usaha yang buang-buang waktu?


Ada sebuah quote yang terkenal, yang bilang bahwa “segala sesuatu didunia ini diciptakan dua kali. Pertama kali dikepala kita sebagai ide, lalu diaktualisasikan sehingga menjadi sesuatu ( benda atau kondis)i. Jadi maksudnya, kalau kita tidak pernah berpikiran untuk menjadi pengusaha, misalkan, maka ini tidak akan terjadi karena ini bukan merupakan bagian dari universe kita, oleh karena itu tidak akan ada usaha untuk mengactualisasikannya. Tetapi mungkin ada teman-teman yang merasa punya ide mengenai kehidupan yang bagaimana yang ingin diciptakan dimasa yang akan datang, tetapi merasa tidak akan bisa tercapai karena merasa kurang kemampuan atau sumber daya yang terbatas. Kalau saya melihatnya mudah saja. Sebagai manusia yang terkoneksi dengan si Pencipta dan sebagai "Infinite Being", saya melihat Sang Pencipta itu maha kuasa dalam menciptakan alam semesta beserta isinya. Jadi, kalau tujuannya mau mengumpulkan modal, memulai usaha, adalah sesuatu yang permintaan yang kecil untuk si Pencipta. Jadi sebenarnya, apapun yang kita minta, bukan sesuatu yang tidak mungkin. Cuma, persoalannya adalah:

a. Apakah kita commit dan mau melakukan segal sesuatu untuk menciptakan kehidupan yang kita inginkan tersebut?

b. Apakah kita punya judgment kepada kemampuan kita sendiri, dan bagaimana jawaban dari permintaan itu akan datang?


5 hal dibawah ini adalah segala sesuatu yang saya selalui ingat dalam menciptakan hidup saya, yang saya ingin bagikan dan mudah-mudahan berguna untuk semua.


1. Kalau tidak pernah terbayangkan, tidak akan pernah terwujud dalam kehidupan.

Maksudnya adalah kalau kita tidak pernah membayangkan kehidupan seperti apa yang kita ingin ciptakan, otomatis kehidupan kita tidak akan pernah merubah, karena kita tidak menginginkan kehidupan yang lain. Jadi langkah yang pertama adalah untuk mengetahui kehidupan seperti apa yang akan Anda ciptakan dimasa yang akan datang.


2. Pastikan tidak ada limited belief yang dapat mensabotasi kehidupan kita.

Banyak orang yang menginginkan sesuatu dalam kehidupannya. Tetapi dia tidak pernah meng”embodied” atau membuat apa yang diiinginkan menjadi bagian kehidupannya. Ini dikarenakan subconscious kita yang kita tidak sadari, mungkin menghalangi kepercayaan baru kita kalua kita bisa mengaktualisasikan kehidupan yang kita inginkan. Oleh karena itu, Access Consciousness menyarankan kita untuk melakukan Bars secara teratur, melakukan clearing, dsb untuk menghilangkan kepercayaan yang ada di subconscious mind kita. Saran saya nonton film pendek the Theory of Beleifs dari Bruce Liption dan baca buku The Power of Subconscious Mind.


3. Menciptakan kepercayaan baru

Jika kita bisa melakukan kepercayaan baru dan ini bisa dilakukan dengan sering melakukan energy pulls, yang terjadi adalah kita akan membuat kepercayaan baru dan menjadikan apa yang kita inginkan menjadi bagian dari universe kita. Oleh karena itu, ini akan memotivasi kita dan secara tidak kita sadari, merubah vibrasi kita sehingga memudahkan kita untuk mewujudkan kehidupan yang kita inginkan.


4. Meminta dan bertanya

Jangan segan segan meminta (termasuk meminta pertolongan orang) dan bertanya kalau merasa “stuck”. Manusia sebenarnya senang menolong orang lain. Cuma kebanyakan kita dibesarkan dengan nasihat harus mandiri, jangan menyusahkan orang lain. Oleh karena itu, kita malu meminta pertolongan orang lain. Selain itu, kita kadang juga mempunyai judgment terhadap seseorang atau terhadap kita sendiri, dan oleh karena itu kita tidak meminta bantuan atau tidak menerima bantuan yang diberikan oleh orang tertentu. Oleh karena itu, di Access Consciousness dan diajaran yang lain, kita juga diajarkan untuk tidak mempunyai judgment apa yang benar, salah, buruk atau baik.


5. Bermimpi tanpa aksi adalah halusinasi

Sisihkan waktu setiap minggu untuk mewujudkan kehidupan yang Anda inginkan. Ini termasuk melakukan riset, networking, mengambil kelas baru, etc tergantung dengan apa yang Anda ingin ciptakan dimasa yang akan datang.


Begitu dulu dari saya, Mudah-mudahan Anda semua berhasil mendapatkan semua yang Anda cita-citakan dan jangan menyerah. Selamat tahun baru 2020.


Devi Novianti


Devi Novianti adalah TEDxSpeaker, Access Consciusness Bars Facilitator, Facelift Facilitator, Body Process Facilitator dan Certified Facilitator (sampai 2018). Devi adalah motivational speakers. trainers dan human rights advocate, Devi mengajar Access Consciousness sejak tahun 2015. Devi juga mempunyai kualifikasi sebagai Transformational Coach dari Mary Mannin Morissey dan Master Degree dalam Hak-Hak Asasi Manusia dari Hong Kong University.

35 views