top of page

Seberapa Penting Personal Branding ?

 

Di era digital yang semakin berkembang dan dinamis seperti sekarang ini, semakin banyaknya pelamar pekerjaan, namun tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang memadai, ataupun ketika terdapat jabatan yang lebih baik, namun harus bersaing dengan banyak rekan staf lainnya. Oleh karena itu seseorang perlu memperhatikan personal branding salah satu aspek penting dalam bersaing dan mencapai kesuksesan. 


Personal branding dapat membantu individu dalam menunjukan skill, kreativitas, serta tekad di dalam diri seseorang. Dengan personal branding, Anda dapat memikat orang - orang penting yang didalam maupun diluar perusahaan untuk mau bekerja sama dengan Anda.


Apa itu personal branding ? 


Personal branding adalah upaya untuk membangun persepsi positif  seseorang terhadap Anda, dimana anda dapat menonjolkan keahlian, ide cemerlang, sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain. Dengan kata lain, personal branding digunakan untuk “menjual” diri kepada orang-orang, namun dengan makna positif dengan hasil yang positif juga. 


Manfaat personal branding


Mengingat personal branding tidak dapat dibentuk dalam sekejap, personal branding dapat dijadikan investasi di masa depan.  Berikut beberapa manfaat dan tujuan dari personal branding : 


1. Sebagai pembeda

Setiap manusia diciptakan dengan keunikannya masing - masing, namun tidak semua dapat menunjukan keunikannya dengan baik. 


2. Membangun reputasi

Personal membranding akan membantu Anda dalam membangun dan mengelola reputasi dengan baik. 


3. Kredibilitas

Dengan personal branding yang baik dan kuat, Anda dapat membangun kredibilitas di hadapan rekan kerja, partner, dan atasan maupun bawahan.  


4. Membangun koneksi 

Kesuksesan Anda dalam membangun personal branding yang baik, akan memberikan Anda peluang peluang mendapatkan tawaran bekerja sama dengan orang lain, tidak heran koneksi Anda akan bertambah luas.


Cara membangun personal branding 


Dikutip dari artikel di forbes.com dengan judul “10 Golden Rules Of Personal Branding”, terdapat 10 cara yang dapat digunakan untuk menciptakan personal branding yang menarik dan unik.


1. Memiliki fokus

Tetapkan kelebihan apa saja yang ingin anda masukan sebagai personal branding Anda dan janganlah berubah-ubah.


2. Menjadi diri sendiri

Gunakanlah kelebihan atau keunikan untuk personal branding yang memang ada di diri Anda, tidak melebih-lebihkan atau mengada-ngada.


3. Ceritakan sebuah cerita

Kemaslah personal branding Anda dengan sebuah cerita yang menggugah dan tulus, sehingga orang tertarik untuk mendengar dan melirik Anda.


4. Bersikaplah konsisten

Hal ini sama dengan memiliki fokus, gunakan personal branding secara konsisten, baik online maupun offline, dengan itu orang lain akan lebih muda untuk mengingat Anda.


5. Berani untuk gagal

Tidak selamanya personal branding yang Anda bangun akan berhasil, oleh karena itu bersiaplah untuk gagal..


6. Menciptakan dampak positif

Memilih untuk bersikap positif dan membantu orang lain hanya akan membantu mengembangkan personal branding Anda secara sehat dalam jangka waktu yang panjang.


7. Ikuti contoh sukses

Kesuksesan personal branding seseorang terkadang datang dari mempelajari tren ataupun individu diberbagai platform media sosial yang kemudian diterapkan dengan cara yang yang sesuai dengan Anda.


8. Sesuaikan personal branding dengan gaya hidup

Personal branding adalah sesuatu yang harus Anda bawa kemana saja dan menjadi perwujudan otentik dari siapa Anda


9. Biarkan orang lain menceritakan kisah Anda.

Ketika personal branding Anda dibicarakan oleh orang lain, maka anda dikatakan telah berhasil membangun personal branding dengan baik.


10. Tinggalkan warisan/legacy

Menciptakan personal branding bukan sekedar untuk membantu Anda untuk dikenal, namun untuk menciptakan legacy ketika Anda sudah pensiun.


Personal branding adalah suatu yang penting dalam era digital seperti sekarang ini. Dengan personal branding Anda dapat membangun reputasi yang kuat, meningkatkan kredibilitas, dan memperluas jaringan koneksi. Dengan mengikuti prinsip-prinsip dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membangun personal branding yang kuat dan berkelanjutan, membantu Anda mencapai tujuan-tujuan karier dan membangun masa depan yang gemilang.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan email info@conversations4change.com

 

Daftar Pustaka

Chan, G. (2024). 10 golden rules of personal branding. Retrieved from https://www.forbes.com/sites/goldiechan/2018/11/08/10-golden-rules-personal-branding/?sh=30988f3c58a7 


Didy, I. (2023). Mengenal personal branding: Tujuan, contoh, Dan Cara Membangunnya. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/personal-branding-adalah/ 


Monarth, H. (2023). What’s the point of a personal brand? Retrieved from https://hbr.org/2022/02/whats-the-point-of-a-personal-brand 


Puspita, D. (2023). Personal branding : Definisi, Manfaat, Cara Membangunnya. Retrieved from https://ikom.umsida.ac.id/personal-branding-pengertian-manfaat-cara-membangun/


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page