top of page

Meningkatkan Produktivitas dengan Motivasi: Strategi untuk Memotivasi Karyawan di Tempat Kerja

 

Apa itu motivasi ?


Motivasi berkaitan dengan berbagai faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau mencapai sesuatu. Ada dua jenis motivasi Yang pertama motivasi intrinsik,  yang berasal dari dalam diri sendiri seperti tanggung jawab, otonomi, pekerjaan yang menarik dan menantang, serta peluang untuk maju. Yang kedua adalah motivasi ekstrinsik adalah faktor faktor eksternal atau stimulus dari luar seperti  gaji  yang  dinaikkan,  penghargaan,  promosi. 


Mengapa motivasi bagi karyawan itu penting ?  


Karyawan adalah pemain utama dalam bisnis Anda. Mereka bertanggung jawab atas operasional sehari-hari dan berada di garis depan komunikasi dengan pelanggan. Karyawan yang memiliki tingkat motivasi yang tinggi mempunyai tingkat produktivitas yang meningkat. Survei yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa karyawan 20% lebih produktif jika mereka termotivasi. Karyawan dapat bekerja lebih efisien bahkan membantu rekan-rekannya yang sedang kesulitan, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kantor.


Apa yang dapat dilakukan manajer untuk meningkatkan motivasi karyawan ?


1. Apresiasi pencapaian dan berikan reward

Budaya menghargai kontribusi karyawan akan menciptakan suasana kerja yang positif dimana setiap orang dapat memberikan kinerja terbaiknya. 


2. Dengarkan keluhan dan feedback

Anda harus menjadi rekan diskusi yang baik dan pendengar anggota tim Anda. Karyawan Anda mungkin memiliki ide atau keluhan baru yang ingin mereka sampaikan kepada Anda atau perusahaan.


3. Tanyakan apa yang diinginkan

Jangan ragu untuk bertanya kepada karyawan Anda apa yang mereka inginkan dan butuhkan, baik itu terkait pekerjaan atau terkait masa depan mereka. Anda dapat melakukan ini secara langsung dan juga melalui survey tahunan atau enam bulanan. 


4. Beri kesempatan untuk tumbuh

Karyawan Anda membutuhkan lebih dari sekedar gaji sebagai imbalan atas pekerjaan mereka. Mereka juga membutuhkan tempat untuk tumbuh dan mengembangkan karirnya. 


5. Meningkatkan rasa kepemilikan (sense of belongings)

Berikan karyawan Anda otonomi dan kepercayaan, hal ini dapat meningkatkan rasa kepemilikan dari karyawan Anda yang dapat meningkatkan kinerja mereka.

 

6. Ciptakan tempat kerja yang menyenangkan

Perusahaan Anda adalah separuh hidup karyawan Anda, dan mereka menghabiskan hari-harinya di kantor dari pagi hingga sore. Anda perlu “membuat” kantor Anda menjadi tempat yang menyenangkan agar karyawan Anda selalu bersemangat


7. Jadwal kerja fleksibel

Jadwal kerja yang fleksibel dapat meningkatkan motivasi karyawan dan menjadikannya lebih produktif. Kebebasan untuk mengatur jam dan lokasi kerja memberi mereka waktu untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan. 


8. Menciptakan lingkungan kerja yang inklusif

Pastikan karyawan Anda terlibat dalam pengambilan keputusan, sehingga mereka merasa dihargai. Hal ini juga akan meningkatkan rasa kepemilikan atau sense of belongings yang akan meningkatkan kinerja karyawan Anda. 


Dari uraian diatas, tidak disarankan untuk memotivasi karyawan dengan hukuman atau disiplin. Hukuman yang diberikan ke karyawan, hanya bekerja sementara sebelum mereka mencoba mencari pekerjaan baru. Mencari tahu apa yang menyebabkan mereka tidak termotivasi seperti penempatan yang salah, atasan yang buruk akan lebih bermanfaat dalam jangka panjang.


Selain itu, penghargaan tidak harus selalu berupa uang atau kenaikan pangkat. Ucapan selamat atau acknowledgement dari CEO melalui email atau pengumuman  melalui intranet, dapat menciptakan efek yang sama. Sehingga tidak ada alasan untuk perusahaan kecil untuk tidak mengacknowledge karyawan yang berprestasi. 

 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan email info@conversations4change.com

 

Daftar Pustaka


Dwinda, A. (2023, November 3). 8 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Efektif! | Glints for Employers. Glints for Employers. 


Hamali, A. Y. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja: Studi Kasus Pada PT X Bandung. The Winners, 14(2), 77-86.


Mangkunegara, A. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya


Rahmawati, D. (2013). Pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung. Jurnal Bonorowo, 1(1), 1-15.


Satriadi, D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Benefits, 2(1), 33-45.


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page